Editorial
10 March 2024

Penetapan Awal Ramadan dan Tahapan Sidang Isbat 2024



Penetapan Awal Ramadan dan 3 Tahapan Sidang Isbat 2024

 

Bulan suci Ramadan 1445 H semakin mendekat, dan umat Islam di seluruh dunia menantikan momen berkah ini tidak terkecuali di Indonesia. Satu aspek yang sangat dinanti-nanti adalah penetapan awal Ramadan melalui Sidang Isbat. Dalam artikel ini, akan merangkum informasi penting tentang tanggal pelaksanaan Sidang Isbat 2024 dan tahapannya.

 

Berbuka puasa bersama keluarga

 

Sidang Isbat 2024, Kapan?

Dikutip dari artikel Kemenag.go.id, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin, memberikan informasi bahwa Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan pada 10 Maret 2024. Sidang ini akan diselenggarakan di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat, dan akan dilaksanakan secara hybrid, baik secara daring maupun luring.

Keterlibatan Pihak-Pihak Terkait Dalam Sidang Isbad

Sidang Isbat tidak hanya melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, tetapi juga para duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta undangan lainnya. Bahkan, pimpinan MUI dan anggota Komisi VIII DPR RI juga diundang untuk hadir dalam sidang.

Tahapan Sidang Isbat

Sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama mencakup pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Sesi ini akan terbuka untuk umum dan disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam. Tahap kedua adalah Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan yang digelar secara tertutup setelah Salat Magrib, dengan merujuk pada hasil rukyatulhilal yang dilakukan Tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia. Tahap ketiga melibatkan konferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Perlindungan dan Kesiapan Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam menghadapi bulan Ramadan, tidak hanya persiapan secara spiritual yang penting, tapi juga perlindungan diri dan keluarga. Ciputra Life menawarkan beragam proteksi unggulan untuk memberikan keamanan dan kesejahteraan selama bulan suci ini.

Dengan penetapan awal Ramadan melalui Sidang Isbat dan kesiapan perlindungan diri, CiLifers dapat menyambut bulan suci ini dengan hati yang bersih dan niat yang lurus. Mari bersiap-siap untuk menjalani ibadah puasa Ramadan 1445 H dengan penuh keberkahan. Marhaban Ya Ramadan!

 

Sumber: Kemenag.go.id dan pengolahan AI

 

 

 



Artikel Terkait